KONVERSI BILANGAN DALAM BIDANG ELEKTRONIKA

Posted by Unknown Sunday 9 March 2014 0 komentar

Beberapa waktu lalu saya telah memposting judul mengenai SISTEM BILANGAN DAN PENGKODEAN, dan kini saya tinggal menjelaskannya satu-per-satu.
Langsung saja nih beberapa penjelasan tentang KONVERSI BILANGAN DALAM BIDANG ELEKTRONIKA sebagai berikut:
      a)      Konversi bilangan Desimal ke bilangan Biner
Penjelasan: Nilai bilangan Desimal dibagi dengan 2, pembacaan nilai akhir hasil pembagian dan urutan sisa hasil pembagian adalah bentuk bilangan biner dari nilai desimal.
      b)      Konversi bilangan Biner ke bilangan Desimal

Penjelasan: Setiap urutan nilai bilangan biner di jumlahkan, dengan terlebih dahulu nilali biner tersebut dikalikan dengan bobot masing-masing bilangan biner.
      c)       Konversi bilangan Desimal ke bilangan Oktal
Penjelasan: Nilai bilangan Desimal dibagi dengan 8, pembacaan nilai akhir hasil pembagian dan urutan sisa hasil pembagian adalah hasil bilangan oktal dari bilangan desimal.
      d)      Konversi bilangan Oktal ke bilangan Desimal
Penjelasan : Setiap nilai urutan bilangan oktal dijumlahkan, dengan terlebih dahulu nilai oktal tersebut di kalikan dengan bobot masing-masing bilangan oktal.
      e)      Konversi bilangan Desimal ke bilangan Heksadesimal
Penjelasan : Konversi bilangan desimal ke bilangan heksadesimal dapat dilakukan dengan cara yang sama seperti cara sebelumnya dengan melakukan pembagian bilangan desimal dengan 16 sehingga sisa dan urutan sisanya adalah hasil bilangan heksadesimal. Untuk ini akan digunakan cara lain agar dapat menambah referensi dan ilmu pengetahuan.
      f)       Konversi bilangan Heksadesimal ke bilangan Desimal
Penjelasan : Dengan melakukan cek kebenaran hasil sebelumnya dapat diketahui hasil bilangan desimal tersebut. Dapat dilakukan dengan cara yang sama seperti konversi-konversi sebelumnya untuk mendapatkan bentuk bilangan desimal.
      g)      Konversi bilangan Oktal ke bilangan Biner
Penjelasan : Setiap digit bilangan oktal dapat di representasikan ke dalam 3 digit bilangan biner. Setiap digit bilangan oktal diubah secara terpisah.
      h)      Konversi bilangan Biner ke bilangan Oktal
Penjelasan : Pengelompokan setiap tiga digit bilangan biner mulai dari LSB hingga MSB. Setiap kelompok akan menandakan nilai oktal dari bilangan tersebut.
      i)        Konversi bilangan Heksadesimal ke bilangan Biner
Penjelasan : Setiap digit bilangan heksadesimal dapat di representasikan ke dalam 4 digit bilangan biner. Setiap digit bilangan heksadesimal di ubah secara terpisah.
      j)        Konversi bilangan Biner ke bilangan Heksadesimal
Penjelasan : Pengelompokan setiap empat digit bilangan biner mulai LSB hingga MSB.setiap akan menandakan nilai heksa dari bilangan tersebut.

Itulah sedikit penjelasan dari beberapa konversi bilangan yang ada saat ini, untuk kekurangan atau kesalahan dalam penjelasaan di atas, mohon saran dan masukannya. Semoga postingan ini bermanfaat buat kalian ^_^
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: KONVERSI BILANGAN DALAM BIDANG ELEKTRONIKA
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://join-freewithmy.blogspot.com/2014/03/konversi-bilangan-dalam-bidang.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Post a Comment

Wikipedia

Search results

Flag Counter
Cara Buat Email Di Google | Copyright of JOIN-FREEWITHMY.BLOGSPOT.